Membuat paspor online

6 September 2016
Uncategorized

Dengan menggunakan aplikasi pembuatan paspor online, walau masih perlu juga datang ke kantor imigrasi nantinya untuk verifikasi berkas, wawancara, pengambilan sidik jari dan foto, tetapi setidaknya dapat mem-booking kedatangan sebagai salah satu dari ratusan pemohon di hari di kantor imigrasi yang dipilih. Jadi tidak perlu khawatir untuk mendapatkan slot pemohon dan tentunya tidak perlu datang pagi sekali untuk antri.

Perpanjangan paspor online dan masa berlaku paspor

Pembuatan paspor secara online ini tidak hanya melayani untuk pembuatan paspor baru saja, bagi Anda yang ingin memperpanjang paspor dapat juga melakukannya secara online. Prosedur dalam memperpanjang paspor akan hampir sama dengan pembuatan paspor baru online dan tidak akan memakan waktu lebih dari 5 menit. Hanya saja Anda perlu menunjukan paspor lama Anda di kantor imigrasi. Masa berlaku paspor biasanya adalah 5 tahun, apabila memasuki 6 bulan sebelum masa berlaku paspor berakhir maka Anda dapat memperpanjang paspor.

Membuat paspor online bukan berarti elektronik paspor (e-paspor)

Sebelum menjelaskan tentang cara membuat paspor online lebih lanjut, perlu Anda ketahui membuat paspor online bukan berarti paspor elektronik atau e-paspor. Yang dimaksud dengan membuat paspor online adalah sebagian prosedur pembuatan paspor akan dilakukan melalui online, sedangkan e-paspor adalah jenis paspor yang memiliki data biometrik yang tersimpan dalam bentuk chip di paspor tersebut. Jadi Anda dapat memilih untuk membuat paspor biasa atau e-paspor dengan cara manual ke kantor cabang imigrasi atau online.

Syarat membuat paspor online

Berikut adalah dokumen yang perlu dipersiapkan:

Untuk warga negara Indonesia (WNI):

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Akta kelahiran atau surat baptis
  4. Akta perkawinan atau buku nikah, ijazah
  5. Paspor lama, jika ingin perpanjang paspor

Sedangkan untuk anak WNI yang berdomisili di Indonesia maka persyaratan pembuatan paspor adalah:

  1. KTP kedua orang tua yang masih berlaku
  2. Kartu Keluarga (KK)
  3. Akta kelahiran atau surat baptis
  4. Buku nikah orang tua atau akta perkawinan
  5. Paspor biasa lama bagi yang telah memilikinya

Persiapkan semua dokumen ini sebelum mengurus paspor online, karena Anda akan membutuhkan data dari masing-masing dokumen untuk aplikasi paspor online.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *