Cara membuat paspor online 2

6 September 2016
Uncategorized

Untuk membuat paspor online ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti. Berikut penjelasan detailnya langkah cara membuat paspor online:

  1. Kunjungi website imigrasi.go.id

Arahkan kursor ke Layanan Publik – Layanan Online kemudian pilihlah Layanan Paspor Online 

  1. Di halaman layanan paspor online, pilih Pra Permohonan Personal.

Jika Anda ingin melakukan layanan lainnya maka Anda dapat memilih sesuai dengan menu yang tersedia

  1. Isikan Keterangan di Formulir

Anda harus mengisikan keterangan biodata Anda berdasarkan formulir yang diberikan. Jangan sampai salah mengisikan informasi Anda di kolom yang diberikan. Untuk Jenis Permohonan, pilihlah Paspor Biasa. Di bagian Nomor Paspor Lama jika Anda membuat paspor baru maka Anda tidak perlu mengisinya, tetapi untuk perpanjangan paspor maka Anda wajib mengisikannya. Dan di pilihan Kantor Imigrasi, pastikan Anda memilih kantor yang terdekat dengan Anda karena Anda akan perlu mengunjunginya. Setelah semua diisi maka Anda dapat memilih menu Lanjut.

  1. Lakukan Pembayaran

Pada halaman berikutnya akan muncul informasi Pembayaran dan Konfirmasi Permohonan. Anda akan dikirimkan bukti pengajuan paspor beserta detail biaya permohonan lewat email Anda. Kemudian Anda perlu membayar biaya pembuatannya ke Bank BNI dengan membawa bukti pengajuan paspor ini. Jika Anda ingin membayar melalui ATM BNI maka pilih menu Pembayaran di ATM dan masukan nomor permohonan atau kode pembayaran. Kini untuk pembuatan baru atau perpanjangan paspor biasa dengan jumlah 48 halaman, biayanya adalah Rp 355.000. Ditambah dengan biaya administrasi bank sebesar Rp 5.000, sehingga total Rp 360.000

  1. Verifikasi Pembayaran

Setelah melakukan pembayaran maka Anda akan menerima bukti pembayarannya. Pastikan Anda meng-fotokopinya sebanyak 3 lembar dan menyatukannya dengan berkas persyaratan dokumen yang dibutuhkan. Kemudian buka kembali website imigrasi dari link yang diberikan di email sebelumnya. Anda akan masuk ke halaman verifikasi di situs www.imigrasi.go.id. Seterusnya, cukup memilih tanggal yang tersedia untuk datang ke kantor imigrasi pilihan. Lalu, Anda akan menerima Tanda Terima Pra Permohonan pembuatan paspor lewat Email. Anda cukup mencetaknya dan membawa tanda terima ini ke kantor imigrasi.

  1. Kunjungi Kantor Imigrasi

Pada tanggal yang Anda tentukan, pastikan Anda mengunjungi kantor imigrasi yang Anda pilih di aplikasi pembuatan paspor online. Kantor imigrasi biasanya buka pukul 7.00 pagi hingga 16.00 sore, waktu istirahat 12.00 hingga 13.00, kecuali Jumat pukul 11:30 hingga 13.00. Ingat pastikan Anda menyiapkan semua dokumen persyaratan beserta tanda terima permohonan dan bukti pembayaran sebelum datang ke kantor imigrasi. Selain itu Anda juga harus berpakaian rapi dan sopan seperti kemeja tapi jangan warna putih.

  1. Foto, Verifikasi Berkas, Pengambilan Biometrik dan Wawancara

Di kantor imigrasi Anda akan perlu mengantri untuk diwawancara mengenai tujuan Anda membuat paspor. Setelah itu Foto Anda akan diambil bersamaan dengan verifikasi dokumen serta pengambilan biometrik seperti sidik jari. Setelah semua proses selesai, lembar pengambilan paspor akan diberikan kepada Anda.

  1. Pengambilan Paspor

3 atau 4 hari kerja setelah proses tersebut Anda dapat datang kembali ke kantor imigrasi untuk pengambilan paspor. Jika Anda ingin mengecek status permohonan, Anda dapat mengunjungi kembali website imigrasi dan memilih pilihan menu Status Pra Permohonan. Jika statusnya telah selesai akan terdapat tanggal dan waktu pengambilan dan Anda bisa langsung ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor.

Lebih singkat dan praktis

Seusai memahami cara membuat paspor online diatas beserta keterangan penting lainnya. Jika Anda mengikuti semua langkahnya dengan benar, maka Anda dapat membuat paspor lebih cepat dan praktis. Dengan ketersedianya proses pembuatan paspor online ini maka Anda tidak perlu lagi bagun cepat-cepat untuk antri di pukul 6 pagi di kantor imigrasi. Anda pun tidak perlu khawatir jika Anda tidak termasuk dalam batasan jumlah pemohon paspor setiap harinya di kantor tersebut. Cukup melakukan registrasi online kemudian tentukan pilihan kantor imigrasi dan harinya kemudian datang di hari tersebut lengkap dengan persyaratan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *